Pertolongan Allah dan sinergi sebuah Keluarga

Pertolongan Allah dan Sinergi sebuah Keluarga

Ditulis oleh Doni Tirtana

Pertolongan Allah, adalah salah satu faktor yang mampu membuat pertumbuhan perusahaan mampu tumbuh sedemikian pesat.

Demikan dikatakan Ibu Nurhayati Subakat founder PT. Paragon Teknologi Inovasi yang membawahi brand Wardah Cosmetics, dalam rangkaian kunjungan Business Trip JPMI DKI Jaya 3 Nov 2018, yang bertempat di pabriknya di kawasan industri Jatake, Tangerang.

Begitu kuatnya keyakinan ini, sampai-sampai perusahaan memasukkan dalam formula marketing mixed 5P (Price – Product – Promotion – Place – Pertolongan Allah) dalam guideline pencapaian visi perusahaan.

Berkat faktor ini, perusahaan mampu membukukan pertumbuhan 40-80% setiap tahun sejak tahun 2012. Wow. Double digit. Sebuah pencapaian konsisten dan luar biasa, disaat perusahaan kosmetik lokal lain hanya mampu membukukan pertumbuhan tipis bahkan minus, dan perusahaan kosmetik multinasional hanya membukukan pertumbuhan single digit (perbandingan data L/R unilever, mandom,martha tilaar dan martina berto 2015, https://bit.ly/2QipIyK ). Perusahaan saat ini bisa dibilang sebagai perusahaan kosmetik lokal terbesar menyalip 2 perusahaan lokal terbuka lainnya.

Salah satu faktor yang ikut berpengaruh terhadap melesatnya performa perusahaan adalah fenomena boomingnya hijabers tahun 2012. Positioning perusahaan sebagai kosmetik muslim yang halal sangat diuntungkan dengan fenomena ini . Fenomena Hijabers sendiri tumbuh seiring naiknya middle class moslem di tanah air, yang didorong naiknya jumlah penduduk berpenghasilan menengah setiap tahunnya. Moment yang pas inilah yang bisa jadi sebagai faktor yang disebut sebagai faktor pertolongan Allah.

Faktor teknis lainnya yang sangat berpengaruh tentunya adalah sinergi seluruh anggota keluarga untuk memajukan perusahaan. Dimana putra sulung yang berkarakter tertib dan terstruktur memegang kendali sebagai direktur operasional, sang adik yang berkarakter kreatif walaupun sarjana Elektro dipercayakan untuk menangani marketing, dan si bungsu yang bersekolah sebagai dokter spesialis mengontrol penuh aktivitas tim Research and Development (Rnd). Anehnya, sekolah ketiganya tidak diset semenjak kecil untuk menempati bidang- bidang keilmuan tersebut. Serba kebetulan. Merupakan sebuah berkah dan keberuntungan pula ketiganya mau langsung bergabung dengan perusahaan setelah lulus kuliah, dengan karakternya saling melengkapi satu sama lain. Ini lagi2 menurut Ibu Nurhayati adalah sebuah berkah dan pertolongan Allah.

Perusahaan menyadari bahwa faktor SDM adalah faktor yang sedemikian penting untuk mampu membawa perusahaan untuk berkembang lebih pesat. Oleh karena itu, perusahaan percaya diri untuk konsisten mengirimkan tenaga ahli yang didominasi oleh anak-anak muda milenial ke luar negeri untuk diikutkan training. Bahkan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemajuan perusahaan, telah memberangkatkan 600 orang karyawan untuk umroh tahun ini. MaasyaaAllah. Sebuah pencapaian luar biasa dan layak dijadikan panutan untuk ukuran perusahaan lokal. SDM adalah kunci.

Terima kasih yang sebesar-besarnya atas waktu, ilmu dan kesempatan yang diberikan Kang Harman Subakat, sang tuan rumah untuk kami berkeliling pabriknya. Mohon maaf jika ada kekurangan. Cerita mengenai Kang Harman menginisiasi gudang distribusi di Surabaya dengan mulai dari kamar Kos sampai jadi gudang besar juga luar biasa Kang.. keren

Terima kasih juga segenap pantia JPMI DKI Jaya. Semoga berbalas pahala bagi kita semua, dapet ilmunya dan kita semua termasuk golongan2 yang ketularan tuan rumah, yang sering2 diberi pertolongan Allah.. ) Aamiin.

Demikian sekilas review Business Trip JPMI DKI Jaya. Sampai jumpa di business trip berikutnya.

#JPMI #JPMIdkiJaya #pengusahamuda #pengusahamuslim#pengusahasukses #pengusahaindonesia #jaringanpengusahamuslim#jaringanpengusaha #motivasipengusaha #komunitaspengusaha#bisnisberkah #pengusahamuslimjakarta #businessTrip #Wardah#ParagonTeknologiInovasi