Agenda Utama

 

 



Pada 24 September 2014 DPR mengesahkan UU Jaminan Produk Halal sebagai UU Negara. Adalah JPMI (Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia) yang melihat hal ini sebagai peluang untuk lebih berdaya dalam industry halal Indonesia yang belum menemukan bentuknya.
   

Pada 24 September 2014 DPR mengesahkan UU Jaminan Produk Halal sebagai UU Negara. Adalah JPMI (Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia) yang melihat hal ini sebagai peluang untuk lebih berdaya dalam industry halal Indonesia yang belum menemukan bentuknya.

Atas inisiatif pengurus JPMI DKI Jaya, terselenggaralah beberapa tahapan dalam pengawalan UU JPH ini diantaranya :

  1. Meeting pengurus membahas program kerja JPMI yang menjadikan isu halal sebagai isu kerja utama
  2. Audiensi dengan ketua Panja UU Jaminan Produk Halal, Ibu Leda Hanifa
  3. Menyelenggarakan seminar UU JPH dengan mengundang narasumber dari LPPOM MUI, DPR dan GAPMMI

JPMI kemudian memandang perlu menyikapi lahirnya UU ini sebagai sebuah tantangan dan peluang bisnis yang sangat besar. UU JPH membawa gerbong ekonomi yang tidak kecil sebab Indonesia memiliki 220 juta penduduk muslim yang loyal terhadap produk halal.

JPMI kemudian bekerjasama dengan beberapa komunitas halal untuk melakukan diskusi, dan dicapai sebuah kesimpulan bahwa sebagai organisasi pebisnis muslim, JPMI punya kepentingan strategis terhadap pelaku usaha yang terlibat langsung dalam produk – produk yang terkait dengan status halal.

Melalu diskusi – diskusi lanjutan, JPMI DKI Jaya bersepakat membentuk wadah terpisah yang khusus mengakomodir isu halal. Wadah tersebut dinamakan Indonesia Halal Center. Indonesia Halal Center dimaksudkan menjadi tempat edukasi produsen, bersama – bersama menjadikan halal sebagai value product yang pertama kali harus diketahui dan dilaksanakan.

Pada 24 Desember diselenggarakanlah rapat pertama sekaligus pembentukan kepengurusan menandai dimulainya kampanye halal dengan segmen produsen makanan minuma sebagai pelaku utama.

  • VISI
    • Mencukupi Kebutuhan Muslim Indonesia dengan Produk Halalan Thayyiban
  • MISI :
    • Memperbanyak direktori perusahaan dan produk halal, baik yang lama atau baru
    • Memberikan konsultasi halal dengan memberikan kabar terbaru informasi – informasi seputar regulasi halal di Indonesia
    • Menyelenggarakan sertifikasi kecakapan halal untuk penyelia atau pemilik bisnis sebagai usaha menumbuhkan kesadaran akan system standar halal sebuah produk
    • Bekerjasama dengan perusahaan – perusahaan yang telah memiliki Sistem Jaminan Halal dengan melakukan practical factory visit diperuntukkan kepada pengusaha yang ingin membangun system tersebut
    • Menyelenggarakan kegiatan baik berupa Expo maupun kegiatan lainnya dalam bingkai kampanye bertemakan nilai – nilai yang mewakili nilai halal dan baik dalam sebuah produk
    • Melakukan edukasi produsen dan berkolaborasi bersama komunitas – komunitas halal, atau komunitas – komunitas lain yang berbasis pada produk atau kegiatan yang terkait dengan kehalalan seperti komunitas kuliner, komunitas masak, dan komunitas lainnya.
    • Melakukan halal-channelling dengan local community sebagai bagian dari penyiapan infrastruktur halal seperti makanan, minuman, tempat makan dan lainnya.